Angry IP Scanner - Scan IP secara massal dan cepat

Angry IP Scanner adalah sebuah program untuk Scanning IP pada sebuah jaringan dengan cepat, program ini tersedia dengan gratis alias freeware yang bisa di download di situs resminya www.angryip.org/w/Download

Menurut saya program ini cukup powerfull dengan kehadirannya yang tergolong sebuah software gratisan. Software ini cukup berguna bagi seorang administrator jaringan untuk mengetahui ip siapa saja yang terhubung ke dalam jaringannya.

Ok langsung saja ke tutorial cara menggunakannya :)

1. buka program angry ip scanner yang sudah di download ( Click Here for Download ).

  2. langsung saja masukkan range IP yang akan di scan ( sesuaikan dengan IP Network ID jaringan kita ) di kolom range dan to lalu klik tombol start.


3.Tunggu hingga proses selesai dan muncul gambar di bawah ini.





4. lalu mari lihat hasilnya pada gambar di bawah ini


Terlihat pada layar ada informasi mengenai IP, Ping, Hostname, dan Port. Tampilan biru pada kolom IP menandakan IP tersebut aktif sedangkan yang berwarna merah tidak aktif. Untuk Ping yakni seberapa bagus koneksi yang dilakukan, semakin rendah nilainya semakin bagus koneksinya. Untuk hostname yakni nama komputer yang digunakan, terlihat ada n/a disana entah mengapa mungkin komputer dengan IP tersebut dipasang firewall pihak ketiga semacam zone alarm atau comodo sehingga tidak bisa di resolve Hostname nya. Untuk Port kosong karena secara default software ini tidak menscan port.


Untuk menscan port, saran saya sebaiknya anda belajar terlebih dahulu mengenai vulnerability atau kelemahan dari port (anda bisa bertanya di google atau orang lain mengenai ini). Setelah anda tahu tinggal lihat settingannya yakni buka Tools > Preference > Port dan nanti akan terlihat seperti gambar berikut.



Anda tinggal memasukkan pot yang anda inginkan untuk discan. Sebenarnya banyak juga software yang bisa menscan kelemahan atau port yang terbuka pada komputer target, namun kelebihan dari software ini yakni kemampuannya untuk menscan IP secara massal dalam waktu yang cepat.

Tidak hanya pada jaringan LAN, namun pada web pun bisa dilakukan (Anda bisa langsung mencoba atau mencari tutorialnya di situs lain). Just download and try it.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages