Tips Menghindari Virus atau Malware Setelah Root Android

hackers-hacking-hacksTips Menghindari Virus atau Malware Setelah Root Android - Pengguna yang melakukan root pada perangkat Android yang dimilikinya tentu tujuannya adalah agar mereka dapat memaksimalkan potensi yang ada pada perangkat yang bersangkutan sehingga banyak orang yang memberanikan diri untuk melakukan rooting pada perangkatnya meskipun mereka masih terbilang awam. Namun demikian, tidak sedikit pula orang yang ragu untuk melakukan rooting karena beberapa “mitos” yang beredar menyebabkan mereka enggan untuk melakukan rooting, contohnya adalah infeksi virus. Konon kabarnya, perangkat Android akan lebih rentan atau lebih mudah terserang virus jika kita melakukan rooting.
Benarkah demikian? Faktanya adalah iya, JIKA kita tidak berhati – hati setelahnya. Namun bagi kamu yang sudah terlanjur melakukan rooting pada perangkat Android mu tidak perlu khawatir, karena pada posting kali ini mimin akan memberikan sedikit tips sederhana untuk menghindarkan perangkatmu dari serangan virus, malware dan semacamnya. berikut adalah hal – hal yang harus kamu perhatikan :
  • Hati – hati dalam menginstall aplikasi
Biasanya, sebuah malware, virus atau semacamnya akan masuk ke perangkat canggih termasuk komputer, PC tablet ataupun smartphone melalui sebuah aplikasi. Untuk itu jangan sembarangan menginstall aplikasi, apalagi yang meminta akses root. Jika kamu ingin menginstall apps yang membutuhkan akses root untuk menggunakannya, maka pastikan terlebih dahulu bahwa apps yang kita incar tersebut adalah apps terpercaya. Berikut adalah beberapa hal yang patut di perhatikan sebelum menginstall apps :
Cari tau apa saja fitur yang ditawarkan oleh apps yang kita incar sebelum memutuskan untuk menginstall nya. Ingat atau catat fitur tersebut lalu perhatikan poin berikutnya, yaitu :
Biasanya pada toko aplikasi resmi di Android yakni Google Play Store, akan terdapat sebuah daftar yang berisi tentang apa saja fitur yang akan diakses oleh aplikasi yang bersangkutan. Nah jika apps meminta untuk mengakses fitur tertentu yang tidak ada hubungannya dengan fitur yang ditawarkan, maka sebaiknya kamu tahan dulu karena hal itu patut dicurigai.
User review adalah pendapat dari mereka yang sedang atau pernah menggunakan aplikasi tersebut. Namun jangan terkecoh jika anda melihat semua review menunjukkan respon positif, karena bisa saja itu adalah review palsu terutama jika jumlah review masih terbilang sedikit (dibawah 1000). Perhatikan tanggal pembuatan review dan perangkat yang digunakan. Jika tanggal pembuatannya berdekatan atau perangkat yang digunakan itu – itu saja (hanya ada 2 atau 3 tipe perangkat), maka dapat dicurigai bahwa itu adalah review palsu yang tidak lain dibuat oleh sang pembuat aplikasi.
  • Pastikan kamu menginstall dari toko resmi Android, yakni Google Play Store
Meskipun tidak ada jaminan akan terhindar dari virus, namun akan lebih baik jika kamu menginstall aplikasi langsung dari toko aplikasi resmi. Karena biasanya aplikasi akan di review terlebih dahulu sebelum dipublikasikan. Selain itu keamanannya juga lebih bisa dipercaya.
  • Hindari aplikasi BAJAKAN!
Taukah kamu bagaimana kriteria aplikasi bajakan? Aplikasi bajakan adalah aplikasi yang sejatinya berbayar, namun dapat di unduh secara gratis di luar situs atau toko aplikasi resmi. Biasanya aplikasi macam ini disebar melalui blog – blog yang memberikan link – link download secara gratis. Mengapa harus menghindari aplikasi bajakan? Karena bisa saja sang pembajak telah menyematkan virus, malware atau semacamnya agar mereka dapat mengambil keuntungan tertentu, misalnya mengambil data di daftar kontak kita, mengambil data – data pribadi seperti foto atau yang lain, atau bahkan dapat mengintip akun – akun (id dan password) yang kita simpan di perangkat kita. Ini tentu sangat berbahaya. Apalagi jika aplikasi bajakan tersebut meminta akses root, maka hal yang lebih buruk sangat mungkin bisa terjadi pada perangkat kita.
Intinya adalah kita harus memilah apa saja yang ingin kita masukkan kedalam perangkat kita agar kemananan perangkat tetap terjaga. Nah mungkin itu saja tips sederhana yang bisa mimin bagikan pada posting kali ini. Silahkan jelajahi website ini untuk menemukan berbagai artikel menarik lainnya. Semoga bermanfaat :D
Nah berikut adalah postingan saya tentang “ Tips Menghindari Virus atau Malware Setelah Root Android ” nah jika kalian merasa posting ini bermanfaat tolong kalian share ke google+ atau social network lain dengan cara klik share salah satu icon social media di widget saya, 1 share anda sangat membantu pengembangan website ini, terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages