Tips Pengguna Baru Android : Setting Penting Yang Wajib Dilakukan !

Tips Pengguna Baru Android : Setting Penting Yang Wajib Dilakukan! - Jika kamu baru pertama kali menggunakan perangkat dengan sistem operasi Android baik dalam bentuk smartphone maupun PC tablet, ada beberapa setting penting yang WAJIB kamu lakukan demi keamanan perangkatmu nantinya. Perlu dicatat bahwa beberapa setting yang akan mimin bahas kali ini adalah agar nantinya perangkatmu dapat dilacak, dikunci atau dihapus datanya jika seandainya perangkatmu hilang.

Sebenarnya artikel ini tidak hanya ditujukan bagi pengguna newbie (baru / pemula) saja, tapi juga untuk semua pengguna perangkat Android mengingat betapa pentingnya pengaturan ini bagi para penggunanya. Oke, mimin akan langsung ke point. Untuk penjelasan lebih lanjut akan mimin bahas diakhir artikel ini. Berikut pengaturan yang harus diterapkan :

CATATAN : Kamu WAJIB memiliki dan menyimpan (sign in) akun google (gmail) pada perangkatmu sebelum melakukan setting ini.

1. Masuklah ke menu atau app drawer, carilah aplikasi bernama Google Settings (logo Google berwarna abu - abu), lalu pilih menu Location. Perhatikan gambar dibawah ini (sebelah kiri). Pastikan pilihan Location Reporting dan Location History telah dinyalakan pada salah satu akun gmail utama yang tersimpan. Jika kamu ragu akun mana yang akan dijadikan akun utama, maka sebaiknya aktifkanlah semuanya jika kamu memiliki lebih dari satu akun gmail.
Setting penting pada Android untuk pemula

Lalu jika sudah, silahkan kembali ke menu awal Google Setting dan cari menu Android Device Manager. Perhatikan gambar diatas (sebelah kanan). Centang kedua pilihan yang ada di sana, lalu tutuplah aplikasi Google Settings.

2. Sekarang masuklah ke menu setting pada perangkatmu. Cari pilihan menu Security (keamanan) pada setting, seperti pada gambar dibawah ini.
Setting keamanan Android

Jika sudah, pilih Device administrators seperti pada gambar dibawah ini.
Setting penting pada Android

3. Lalu akan muncul menu seperti pada gambar dibawah ini (sebelah kiri). Centanglah kotak yang ditunjuk pada Android Device Manager untuk menjadikannya sebagai Administrator perangkatmu. Jika sudah dicentang maka akan muncul keterangan seperti pada gambar di sebelah kanan, pilihActivate (aktifkan). Keterangan tersebut menjelaskan bahwa Android Device Manager akan dapat menghapus data, mengganti kunci layar serta mengunci layar pada perangkatmu.
Mengaktifkan Android Device Manager

Jika semua sudah kamu jalankan, maka perangkatmu sekarang akan lebih aman dari sebelumnya.Pertanyaannya : Untuk apa setting yang sudah dijelaskan diatas itu? Langkah pengaturan diatas adalah untuk memberikan ijin administrator pada Android Device Manager agar ia dapat dengan mudah melakukan perintah - perintah tertentu pada perangkat kita.

Apa itu Android Device Manager? Itu adalah sebuah service dari Google yang diperuntukkan bagi para pengguna Android yang fungsinya adalah untuk dapat melacak, mengunci atau menghapus data pada perangkat kita jika seandainya perangkat kita hilang dan tidak berhasil "direbut kembali". Jadi setting diatas sangatlah penting agar kita para pengguna Android dapat menggunakan semua fitur dari Android Device Manager.

Cukup mudah bukan

Jangan lupa untuk meng-klik tombol G+1 dibawah artikel ini. Semoga bermanfaatsmile

Source : Here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages