Cara Mudah Setting dan Menyatukan Nomer Halaman TA, Skiripsi, dan Thesis

Selamat siang sobat MuhammadRizki.web.id dan seluruh mahasiswa tingkat akhir di tanah nasional Indonesia kita tercinta ini, gmana nih udah pada sibuk bukan untuk mulai mengerjaka TA ( Tugas Akhir ) maupun skripsi bahkan thesis ?? nah dalam pengerjaan makalah ilmiah tersebut kita tidak akan ketinggalan sama software yang paling polpular untuk pengolahan kata yaitu Microsoft Office Word, terkadang dalam komputer kita sibuk memisah - misah babnya karena dianggap halaman akan susah untuk diatur, padahal pada kenyataannya ms. office word sudah menyediakan fasilitas agar kita tidak kebingungan untuk mengatur halaman tersebut.

Nah gimana udah gasabar kan untuk mencobanya ? mari simak tutorial singkat berikut ini yang sudah saya rangkum dari berbagai sumber, yang pertama kali dilakukan adalah kalian tinggal ketik saja office word tanpa halaman.  Jika sudah terlanjur memisahkan antara kata pengantar, daftar isi, pembukaan, dll, maka silahkan kalian satukan lagi saja kemudian kalian buat dan berikan page break. contohnya 


lihat ke arah krusor, krusor di letakkan di bagian halaman paling akhir yang mau dipisah. contohnya kata pengantar di atas disatukan dengan CHAPTER 1 (BAB 1) dalam satu file, maka krusor di letakkan di paling bawah ketika tidak ada lagi kata. kemudian pilih layout di bagian atas klik lalu pilih next page seperti yang terlihat di lingkaran merah..maka halaman kata pengantar dan BAB 1 sejatinya sudah berbeda maupun berada dalam satu file yang sama. kemudian lakukan ini.


Blok halaman pertama pada BAB 1 (chapter 1), lalu klik menu design, kemudian klik link to previous untuk mematikan link halaman antara BAB 1 dan Kata pengantar dkk agar BAB 1 dapat menggunakan halaman angka (1, 2, 3, 4,5 dst) sedangkan Kata pengantar dkk dapat menggunakan angka romawi (I, II, III, IV), lalu lakukan Insert, page number seperti biasa, teknik ini juga bisa dilakukan untuk yang setiap awal BAB halamannya di tengah sedangkan halaman selanjutnya dipinggir. jadi ketika nanti soft file minta dikumpul di kampus kamu nggak perlu bingung gimna nyatuin filenya.


oke sekian postingan ane kali ini jangan lupa G+1 dan di bagikan ya artikelnya untuk yang mau copas monggo copas tapi sertakan link sumber anda mengcopas jadilah blogger yang bijak. terimakasih sudah berkunjung ke Muhammad Rizki Perdana Putra Archieve semoga artikel yang saya bagikan ini dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages